« Blog

Teknik Retargeting dalam Promosi

14 September 2022 oleh Cgs Admin
Tips Bisnis
... Foto By : Dokumentasi CGS

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus terbiasa dengan retargeting karena ini adalah strategi pemasaran yang kuat yang dapat digunakan untuk meningkatkan segalanya mulai dari brand awareness hingga pendapatan. Sebagai akibat dari meningkatnya tingkat persaingan, pasti ada beberapa pengunjung situs yang mengklik tanpa melakukan tindakan apa pun. Pemasar biasanya menggunakan strategi retargeting untuk mendapatkan pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produk mereka untuk kembali ke situs dan menyelesaikan pembelian.

Retargeting adalah teknik yang digunakan untuk berhubungan dengan pengunjung situs yang telah menunjukkan minat pada produk Anda tetapi belum melakukan pembelian. Mempromosikan bisnis Anda secara online melibatkan penempatan iklan di tempat-tempat di mana calon pelanggan menghabiskan waktu, seperti situs web populer, platform media sosial, serta aplikasi dan game seluler. Karena 90% dari semua pengguna internet dapat dijangkau, iklan ini biasanya ditampilkan melalui layanan Google Display Network.

Ini berarti bahwa iklan Anda akan mengikuti pengguna ke mana pun mereka pergi ke situs. Selain itu, berbagai format iklan retargeting dapat ditampilkan kepada pengunjung situs web Anda, yang semuanya didasarkan pada tindakan mereka saat berada di sana. Iklan retargeting biasanya dibuat dengan mendesain strategi baru yang lebih menarik untuk konsumen

Tujuan Retargeting

Untuk meningkatkan tingkat konversi Anda, retargeting adalah taktik pemasaran yang berguna. Cukup sesuaikan strategi Anda dengan sumber daya dan lingkungan perusahaan Anda saat ini.

1. Brand Awareness

Jika pengguna telah melihat merek Anda secara online tetapi belum berinteraksi dengannya, retargeting dapat membantu membawa mereka kembali ke situs Anda. Tujuannya di sini adalah untuk membuat orang mengingat merek Anda dan mengunjungi situs web Anda berulang kali, sehingga iklan yang berfokus pada manfaat atau fitur produk atau layanan yang Anda tawarkan mungkin sesuai. Retargeting sendiri memungkinkan bisnis Anda untuk lebih dikenal oleh klien, dan memastikan mereka mengetahui kelebihan dari produk yang Anda jual.

2. Konversi

Pada saat ini, retargeting paling efektif bila diarahkan ke pengunjung situs yang sudah akrab dengan merek Anda dan produknya tetapi tidak memiliki rencana langsung untuk berlangganan, membuat akun, atau melakukan pembelian. Konversi dapat dihasilkan dengan bantuan retargeting iklan dengan mendorong audiens yang dituju untuk melanjutkan seperti yang direncanakan. Dengan strategi retargeting yang tepat, kita bisa menarik konsumen yang sebelumnya hanya melihat-lihat produk yang kita jual, yang sebelumnya masih ragu-ragu untuk membeli produk kita, agar lebih yakin untuk membeli produk yang kita produksi. Konversi inilah yang menjadi target bisnis dan mendatangkan banyak keuntungan, sehingga retargeting ini penting untuk memastikan konversi yang lebih tinggi.

3. Mengurangi Biaya Iklan

Menggunakan iklan retargeting juga bisa mengurangi pengeluaran iklan. Karena hanya orang yang telah mengunjungi situs web Anda yang perlu melihat iklan Anda, meningkatkan kemungkinan mereka akan melakukan pembelian dari Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang pada iklan yang ditampilkan kepada orang-orang yang bukan target demografis Anda. Menampilkan iklan hanya kepada target yang Anda sasar bisa menghemat biaya iklan dan memastikan bisnis Anda mendapatkan banyak pembeli. Penghematan ini bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih penting lagi.

4. Meningkatkan Pengakuan Merek

Pengenalan merek juga dapat dibangun dengan iklan retargeting. Untuk alasan sederhana bahwa konsumen akan terbiasa dengan paparan terus-menerus terhadap nama merek, logo, konten, dan slogan. Anda dapat mempengaruhi citra mental audiens dengan menayangkan iklan kepada mereka. Memang benar bahwa iklan retargeting tidak selalu menghasilkan penjualan, tetapi audiens mungkin masih mengingatnya dengan jelas. Oleh karena itu, mereka dapat kembali ke situs web Anda untuk bisnis lebih lanjut di masa mendatang.

5. Meningkatkan Penjualan

Jika Anda menjalankan toko online, iklan retargeting dapat membantu meningkatkan penjualan secara tidak langsung. Pengguna yang telah menjelajahi situs web Anda dapat tertarik untuk melakukan pembelian melalui retargeting. Akibatnya, iklan retargeting dapat membuka lebih banyak jalan untuk mendapatkan keuntungan finansial lebih dari sekadar meningkatkan lalu lintas situs web. Dengan merancang iklan yang lebih menarik, Anda bisa meningkatkan penjualan lewat calon pembeli yang semakin yakin untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Strategi Retargeting

Strategi retargeting sendiri berfokus pada penayangan iklan secara berulang ke target yang pernah berkunjung ke situs atau toko online milik Anda, sehingga lebih berfokusi ke target yang jelas. Ada beberapa strategi retargeting yang bisa dilakukan oleh pebisnis, diantaranya.

1. Tentukan target yang akan diberikan iklan lagi

Pastikan target yang akan kita beri iklan ini sudah jelas dan sesuai dengan kriteria. Para pebisnis sering menargetkan calon konsumen yang pernah berkunjung ke situs atau toko online yang mereka miliki. Strategi ini jelas benar, karena kebanyakan calon konsumen sudah pernah mengunjungi situs resmi kita atau toko online yang kita miliki. Untuk memastikan target kita jelas, kita bisa menggunakan situs atau perangkat lunak analitik untuk melihat tren kunjungan situs atau toko online yang kita miliki. Alat-alat analitik ini memberikan banyak data yang mendetail tentang kunjungan calon konsumen dan apa yang mereka cari di toko online kita. Dengan mempelajari data-data yang sudah kita dapatkan, kita bisa menentukan kemana iklan kita akan ditargetkan.

2. Rancang iklan yang lebih menarik

Untuk memastikan strategi pemasaran yang efektif, tidak ada salahnya untuk membuat iklan baru yang jauh lebih menarik untuk calon konsumen. Berbagai komponen baru bisa digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen. Promosi baru seperti gratis ongkir, cashback, dan lainnya juga bisa dilakukan untuk menjaring konsumen baru. Butuh kerja keras untuk bisa menghasilkan konten baru yang lebih menarik dan layak digunakan dalam teknik retargeting, karena kita sedang menjalankan promosi ke orang yang pernah melihat konten kita.

3. Jalin komunikasi dengan calon konsumen

Menjalin komunikasi lanjutan dengan calon konsumen juga bisa menjadi solusi yang bagus untuk menawarkan produk yang kita jual. Dengan menjalin komunikasi lebih lanjut, kita bisa mengenali karakter konsumen dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu, dengan menjalin komunikasi dengan konsumen, kita bisa melihat berbagai peluang bisnis, melihat konsumen potensial yang mungkin untuk mengunjungi toko kita, dan bisa merancang strategi yang lebih menarik konsumen untuk mempromosikan produk kita.

  • ciptagrahasoftware@gmail.com
  • CV cipta graha software
  • ciptagrahasoftware
  • Jl. Wonokerto, Pekuncen, Kec. Wiradesa (51153), Pekalongan, Jawa Tengah.

    Lihat Peta Lebih Jelas Di Sini

    Sumber: glints.com dengan beberapa perubahan


    Bagikan Artikel :

    Jasa Pembuatan Software